Rabu, 07 Desember 2011

Mobilpun Mengintai Nyawa Anak Anda



Banyak yang beranggapan bahwa  keselamatan anak lebih besar resikonya jika mengendarai kendaraan roda dua dibandingkan dengan mobil. Tidak diragukan lagi bahwa kendaraan roda dua memang lebih besar resikonya, karena dibutuhkan keterampilan dan ketenangan dalam mengendarai roda dua. Namun ternyata tidak menutup kemungkinan bahwa nyawa anak anak bisa melayang ataupun cidera walaupun kita membawa mereka di dalam mobil.
Berikut ini beberapa resiko yang dapat mengancam keselamatan anak anak anda bila mengendarai mobil

Terjebak Dalam Bagasi
Sifat anak-anak yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar dan keinginan untuk mengenali segala tempat di dalam jangkauan mereka. Salah satu yang  menarik andan anak adalah bagasi mobil. Anak anak sangat menyukai tempat tersebut karena bisa ddigunakan untuk bermain sembunyi dengan teman temannya.
Adapun resiko yang mungkin dijumpai adalah  ada kemungkinan si anak akan terjebak di dalam bagasi mobil.
Berikut ini adalah resiko yang  yang akan terjadi apabila anak kita terjebak di dalam bagasi mobil :
  • Anak-anak lebih sensitif terhadap perubahan temperatur atau panas bila dibandingkan dengan orang dewasa.
  • Di dalam bagasi mobil, selain temperatur yang tinggi, kelembaban tinggi dan sirkulasi udara yang buruk juga sangat berbahaya bagi anak-anak
  • Temperatur di dalam bagasi dapat mencapai di atas 40 derajat celcius, dan peningkatan temperatur berlangsung dalam waktu yang sangat singkat.
Sebagai orang tua, maka wajib bagi kita untuk dapat melakukan tindakan penyelamatan pertama dan  alternatif tips yang dapat dilakukan adalah :
  1. Berikan pemahaman kepada anak-anak, bahwa bagasi hanya dapat digunakan untuk meletakkan barang dan bahaya yang dapat muncul apabila terjebak di dalam bagasi.
  2. Lakukan pengawasan semaksimal mungkin ketika anak-anak bermain di sekitar mobil.
  3. Periksa bagasi segera bila anda tidak dapat menemukan anak anda.
  4. Kunci pintu mobil, aktifkan alarm dan jauhkan kunci mobil anda dari jangkauan anak-anak.
  5. Tutuplah jalan untuk menuju bagasi mobil melalui bagian dalam mobil anda.
  6. Lengkapi bagasi mobil anda dengan pembuka bagasi dari bagian dalam bagasi.
  7. Beberapa kendaraan di Amerika dilengkapi dengan glow in the dark pada pembuka bagasi bagian dalam. Hal ini memberitahukan posisi pembuka bagasi apabila anak-anak terjebak di dalam bagasi tersebut.
Permainan yang berpotensi anak-anak masuk ke dalam bagasi dalam petak umpet, karena anak-anak akan berusaha mencari tempat persembunyian yang sulit ditemukan yang tanpa mereka sadari berpotensi terjebak di dalam bagasi.

Bahaya AC Mobil atau Kendaraan

Janganlah langsung MENYALAKAN A/C saat memasuki mobil.
Bukalah jendela mobil saat masuk ke dlm mobil dan NYALAKAN A/C setelah beberapa menit.
Mengapa hal tersebut harus dulakukan ? Hal ini karena:
Dasbor mobil, sofa, pengharum mobil menghasilkan Benzene, racun penyebab kanker (karsinogen – bisa ada waktu, luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dasbor yangg terkena panas).
Selain menyebabkan k anker, Benzene dapat meracuni tulang tulang  anda, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Apabila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan Leukemia, menambah resiko penyebab kanker.

Jika memarkir mobil di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 25 derajat ke atas, maka tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, atau naik 40 kali dari tingkat Benzene yang  dapat  ditoleransi.

Saat Memarkir  Kendaraan
Jangan menganggap remeh dengan masalah parkir mobil anda. Meskipun dalam keadaan bergerak dengan kecepatan minimun, cara memarkir kendaraan dapat juga mengundang resiko bagi anak anak anda

  1. Memarkir mobil mundur: 

  • Pada saat mundur, usahakan kaca depan kanan dan kiri terbuka. Sehingga kaca film yang gelap tidak akan mengurangi pandangan pengemudi pada kaca spion. 
  •  Kaca depan kanan dan kiri terbuka, selain itu juga agar suara di luar mobil bisa terdengar jelas. Seandainya ada anak-anak bisa terdengar suaranya agar tidak tertabrak. 
  •  Pastikan tidak ada anak-anak kita di samping atau belakang mobil.

2.   Pada saat membuka pintu,
Buatlah perjanjian pada anak bahwa mereka tidak boleh membuka dan menutup pintu mobil sendiri tanpa sepengetahuan anda kecuali anda sudah yakin dan bisa memastikan bahwa anak sudah mengetahui prosedur membuka dan menutup mobil. Sesaat setelah berhenti, anak-anak biasanya langsung membuka pintu padahal di belakang mobil ramai lalu lintas, pintu mobil yang terbuka tiba-tiba akan mengejutkan pengendara di belakang mobil. Ini berbahaya.

3.  Mobil yang parkir di garasi harap di-handbrake dan dimasukkan perseneling satu. Ada kejadian seorang pengasuh anak menyuapin di dalam mobil yang parkir di garasi, lalu hand-brake terlepas dan mobil berjalan mundur keluar dari garasi lalu masuk ke sungai seberang jalan di depan rumah. Ini benar-benar terjadi terutama di daerah perumahan bertopografi pegunungan.

4.  Pada saat menutup pintu harap berhati hati karena tidak jarang seorang anak tangannya terjepit pintu mobil.

5.   Mobil yang dilengkapi dengan power kaca, Anda harus hati-hati saat menutup kaca mobil yang ber-power karena tidak jarang tangan atau leher anak terjepit saat kepala anak di luar kaca jendela.

6.   Dalam keadaan mobil sedang berjalan, jangan sekali-kali mengijinkan anak untuk mengeluarkan anggota badan (tangan) dan biasanya juga kepala. Lengkapi tempat sampah di dalam mobil.

7.   Terkadang orang tua ‘terlalu sayang’ pada anak saat mengemudi. Jangan pernah menyetir mobil sambil memangku anak-anak baik di jalan raya maupun jalan perumahan. Hal ini tentu akan mengganggu konsentrasi mengemudi.

8.   Beberapa ibu yang mengemudi tidak jarang meninggalkan anaknya di mobil sementara ia belanja di pasar atau swalayan dengan alas an ‘hanya’ sebentar. Ini berbahaya sekali karena saat anak nangis maka ia bisa kehabisan oksigen karena mobil tertutup rapat. Atau anak kepanasan saat di dalam mobil sehingga bisa pingsan. Beberapa tahun yang lalu ada kejadian anak yang mengalami hal itu karena ditinggal di dalam mobil sementara ibunya belanja.

9.   Hati-hati mobil station-wagon berpenumpang banyak dan tanpa pendingin udara, jika ada anak di dalamnya bisa mengalami dehidrasi saat menempuh perjalanan jauh. Pastikan anak selalu diberi minum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar