Jumat, 10 Mei 2013

Safira Sang Pendongeng Cilik Dari SMPN 3 Makassar


Makassar, 20 Maret 2013.
Mungkin tak banyak yang tahu kalau tanggal 20 Maret merupakan Hari Dongeng sedunia. Ya dongeng menjadi salah satu budaya Indonesia yang kini semakin ditinggalkan meski banyak menyimpan pelajaran. Inilah yang menjadi sebuah alasan bagi Safira Sang Pendongeng Cilik yang menekuni dunia pendongeng untuk memberikan pelajaran bagi anak - anak dan rekan-rekannya.
Inilah sepenggal dongeng yang dibawakan Safira Devi Amorita siswa kelas 2 (Kelas Akselarasi) SMPN 3 Makassar sulawesi selatan. Kisah anak sholeh menjadi judul pilihan. Kisah anak soleh ini memang sering dibawakan saat mendongeng sebagai bentuk pelajaran bagi rekannya - rekan .

Safira kini dikenal sebagai pendongeng cilik. Usianya baru 13 tahun namun langkahnya memilih sebagai pendongeng telah mengantarkan namanya ketingkat nasional.

Dunia dongeng memang bukan hal baru bagi safira. Orang tua yang sering berdongeng kala dia kecil menjadi salah satu awal remaja ini memilih terjun ke dunia dongeng.


Selama menjadi pendongeng cilik berbagai penghargaan pun telah diraih oleh remaja yang ingin menjadi penulis ini. Salah satunya menjadi delegasi Sulsel di Forum Anak Nasional 2012 yang diadakan di kota Lembang Jawa Barat

Harapan besar kini ditatapnya. Menjadi pendongeng agar senantiasa bisa berbagi pesan - pesan sosial hingga upaya untuk melestarikan budaya bangsa. Dongeng pun kini punya cerita baru gaya dan cara penyampaiaan yang tidak lagi monoton menjadi salah satu alasan untuk membuatnya tetap eksis diantara terpaan zaman dan teknologi.

Lihat videonya di sini

Selamat hari dongeng dan senantiasa jaga nilai -nilai budaya banga (Makassar TV - Kompas TV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar