Senin, 21 Mei 2012

Dongeng Safira Di TK Merpati Pos


Selain bermain, mendongeng adalah satu bentuk kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengasyikan bagi anak anak. Nilai-nilai luhur dapat disampaikan kepada anak anak melalui kisah-kisah yang menarik tanpa menggurui mereka. itu di sisi lain,  dongeng harus disampaikan dalam bentuk yang menarik agar nilai nilai yang ada dalam cerita tersebut menjadi sebuah upaya pembentukan karakter dan kepribadian anak.

Berangkat dari misi tersebut diatas, maka Safira Devi Amorita seorang Pendongeng Cilik Makassar mengadakan roadshow mendongeng di beberapa TK dan SD se-Kota Makassar. Kegiatan ini sekaligus untuk mengisi waktu liburan bagi Safira setelah dia menjalani ujian nasional di SDS Metro School.

Pada hari Sabtu, 12 Mei 2012, roadshow mendongeng ini mengambil lokasi di SD Inpres Maccini Sombala 1 Jl. Abdul Kadir sebagai titik awal kegiatan tersebut Di sekolah ini, Safira  tampil mendongeng di hadapan 300 murid-murid. Mereka sangat antusias mendengarkan dongeng "Ibuku Seekor Kucing".

Sebelumnya, berbagai pertunjukkan seni dan pantun juga ditampilkan oleh murid-murid SD Inpres Maccini Sombala 1. Mereka menampilkan permainan musik pianika dan dancing persembahan dari murid-murid kelas IV dan kelas V. Tampil pula seorang pendongeng cilik kelas IV bernama Asrifah yang membawakan dongeng rakyat berjudul "Putri Tadampalik". Ibu Neneng selaku kepala sekolah sangat mengapresiasi kehadiran Safira mendongeng di tempatnya. "Dengan kehadiran Safira mendongeng di sekolah ini, saya yakin akan menumbuhkan kecintaan anak anak didik saya dalam dunia dongeng. Disamping karena kegiatan dongeng juga sudah sangat jarang keberadaannya, kami juga ingin menyiapkan anak-anak untuk dapat mengikuti lomba bercerita tingkat Kota Makassar di tahun depan"

Selanjutnya, pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2012, giliran TK Merpati Pos yang dikunjungi oleh Safira. Sekolah ini adalah tempat Safira belajar ketika dirinya masih berusia 5 tahun dan merupakan sekolah yang sampai saat ini tidak pernah dilupakan. Demikian juga dengan sambutan yang diberikan oleh Ibu Is, kepala sekolah TK Merpati Pos yang sangat bangga dengan keberhasilan anak didiknya. Beliau dengan sangat antusias menyambut kegiatan mendongeng ini karena sudah sangat jarang guru-guru di lingkungan taman kanak kanak memberikan dongeng kepada anak didiknya. " Anak anak sekarang lebih suka menonton film kartun seperti dibanding dengan mendengarkan dongeng', komentar Ibu Is ketika mengawali acara mendongeng di aula TK Merpati Pos.

Di TK Merpati Pos, Safira membawakan sebuah dongeng yang berjudul "Tupi - Anak yang malas sekolah". Kegembiraan dan keceriaan terpancar dari wajah anak-anak ketika dibawakan dongeng tersebut. Selain mendongeng, Safira juga membawakan beberapa lagu anak-anak antara lain "Aku Anak Indonesia dan Bermain Tangan". Di akhir mendongeng, pihak sponsor dari XL membawakan kuis dan games dengan berbagai macam hadiah. Salah satu games yang dibawakan adalah anak anak yang sebelumnya mendengarkan dongeng, kemudian mereka diminta untuk mendongeng kembali tentang cerita yang telah dibawakan oleh Safira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar