Senin, 21 Mei 2012

Ulang Tahun Kampung Dongeng ke-3




Tak terasa kehadiran kampung dongeng di Indonesia sudah menginjak usia tiga tahun pada tanggal 20 Mei 2012 yang bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional. Perayaan ulang tahun kali ini lebih istimewa dan meriah karena dirayakan secara bersamaan dengan seluruh kampung dongeng lain yang ada di Indonesia. Mulai dari Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Tepat pukul 06.00 WITA, perayaan ulang tahun kampung dongeng ditayangkan langsung oleh SCTV dalam program Liputan Enam hari ini juga merayakan ulangnya. Dalam acara tersebut, Kak Awam sebagai pendiri kampung dongeng menyampaikan cita-cita untuk mengepung Indonesia dengan 1.000 kampung dongeng yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sedangkan di Makassar, acara ulang tahun kampung dongeng dipusatkan di TK Pertiwi Jl. Bontolangkasa No. 15 Makassar  yang merupakan markas KaDo Sulsel. Berbagai macam kegiatan telah mengawali ulang tahun Kampung Dongeng ini antara lain, roadshow Safira Mendongeng di TK dan SD se Kota Makassar yang sudah berlangsung di pertengahan Mei 2012 ini.

Seremonial ulang tahun KaDo Sulsel diawali dengan Konser Satwa dari Kak Rey yang membawakan dongeng yang ditambahkan dengan berbagai macam suara binatang. Dengan antusias anak-anak dan warga kampung dongeng lainnya menirukan berbagai macam suara-suara binatang hutan, seperti ayam, gajah,ular,monyet,kuda dan lainnya. Selanjutnya suara-suara binatang tersebut disatukan dengan apik dalam sebuah konser musik yang mengalun di aula TK Pertiwi Sulsel.

Tepat pukul 10.00 WITA, acara pemotongan tumpeng pun dimulai. Diiringi dengan lagu Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan secara bersamaan oleh undangan dan seluruh krew Kampung Dongeng Sulsel. Acara potong tumpeng dilakukan  oleh Bunda Khadijah, ketua KaDo Sulsel yang berharap agar kegiatan mendongeng dapat terus tumbuh dan berkembang dimulai dari keluarga, terutama oleh ibu yang sangat berperan penting dalam mendongeng untuk anaknya. "Paling tidak sebelum anak tidur, buatlah sebuah dongeng ringan seperti dengan membacakan sebuah cerita dari buku-buku atau benda benda di sekitar kita" jelas Ibu Khadijah dalam sambutannya.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan penampilan dongeng dari Safira Pendongeng Cilik Makassar. Kali ini Safira mengajak adik-adik  untuk rajin membaca dan ke sekolah agar bisa menjadi anak Indonesia yang berguna bagi bangsa dan negara. Ajakan Safira ini dibawakan secara apik dengan dongeng yang berjudul "Tupi dan Pak Keledai."

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba mewarnai yang diikuti oleh adik adik dari tingkat taman kanak kanak. Tema lomba mewarnai di ultah KaDo adalah "dongeng binatang". Dengan lincah jari jari peserta lomba mulai menari di atas kertas yang bergambar seekor induk ayam dan anaknya.

Seluruh rangkaian acara ulang tahun Kampung Dongeng yang ke-3 ditutup dengan doa dengan harapan agar dunia dongeng makin berkembang dan makin dicintai oleh keluarga Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar