Senin, 29 Desember 2014

Berbagi Tips Mendongeng di Sekolah Alam Bosowa

Bosowa Foundation menggelar event kreatif sebagai wahana permainan dan edukasi bagi anak-anak usia 3-8 tahun yang bertajuk WISATA EDUKASI ALAM, Minggu ( 21/12) di area Sekolah Alam Bosowa, Jl. Danau Tanjung Bunga, Makassar.

Demikian rilis yang diterima redaksi tribun, Minggu (21/12/2014).
Acara yang digelar perdana ini diikuti sekitar 100 orang peserta mulai dari perwakilan sekolah hingga ke personal. Peserta ikut secara berpasangan yaitu ibu dan anaknya. Acara dikemas dengan menarik oleh panitia dengan melibatkan ibu secara aktif  dalam kegiatan tesebut. Sembari anak-anak mengikuti berbagi permainan tradisional, ibu-ibu mengikuti mother class dan yoga class. Untuk mother class, ibu-ibu mendapatkan materi tentang pentingnya mendongeng buat anak-anak. Acara ini dipandu oleh Kak Heru pendongeng Makassar.
 
Kak Heru dengan sangat atraktif  menjelaskan pentingnya dongeng bagi buah hati mereka dan memberikan sejumlah tips-tips bagi ibu bagaimana cara mendongeng dengan baik.
Kak Heru menjelaskan untuk memilih tema cerita dongeng harus disesuaikan dengan umur si anak. Untuk Usia 5 tahun ke bawah, tema yang cocok untuk anak adalah tentang dunia binatang, dalam kisah-kisah binatang atau fable banyak kisah moral yang dapat dipetik seperti tentang yang baik dan yang buruk. Usia 5 – 8 tahun Kak Heru menganjurkan untuk membacakan tema tentang kecerdikan sepeti bi. kisah Abu Nawas atau kisah para Nabi dan sahabat nabi. Usia 9 tahun keatas, baiknya membacakan kisah kepahlawan.
 
Kak Heru juga mengungkapkan untuk durasi dongeng baiknya nda tidak terlalu lama. Kisaran waktu antara 5 menit – 30 menit, masing-masing disesuaikan dengan umur anak. Agar mahir dalam mendongeng, ibu atau ayah harus berlatih dan mencoba menguasai suara-suara binatang sebagai llustrasi dan sering membaca.
Selain kegiatan tersebut anak-anak juga mengikuti kegiatan menarik lainnya yaitu permainan tradisional  kade’deng, congklak, beklan,  Kreasi Sains, wisata tani,  dan kreasi Tani .
(sumber Tribun Makassar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar